Efek Samping Dari Alat Kontrasepsi

Banyak sebagian pasangan memilih berhubungan intim memakai alat kontrasepsi. Tetapi apakah anda tahu bahwa dalam memilih kontrasepsi harus sesuai dengan anda juga pasangannya.

Jika salah memilih alat kontrasepsi bisa fatal akibatnya oleh karena itu sebelum memilih alat kontrasepsi berdiskusilah dengan pasangan anda, karena yang terpenting adalah merasa nyaman saat anda dan pasangan anda berhubungan intim.

Bila anda ragu dengan pilihan kontrasepsi anda bisa konsultasikan dengan dokter untuk jenis kontrasepsi apa yang terbaik untuk anda dan pasangan. Ada beberapa jenis alat kontrasepsi yang digunakan, yaitu kondom dan berbagai jenis KB. Sebelum anda memilih salah satunya sebaiknya anda mengetahui kekurangan dan kelebihannya.

Kondom
Metode kontrasepsi ini paling banyak digunakan. Cara kerjanya kondom mencegah sperma bertemu dengan sel telur yang menyebabkan tidak terjadinya pembuahan. Alat kontrasepsi ini lebih efektif digunakan tetapi jika penggunaannya secara tepat dan benar.

Kegagalan kondom bisa saja terjadi. Tetapi itu bisa dicegah jika anda memakai kondom pada saat ereksi dan di lepas pada saat ejakulasi. Jika tidak benar pemakaiannya bisa saja terjadi kerobekan pada kondom yang anda pakai.

efek samping dari kondom adalah bila terdapat alergi pada karet kondomnya yang bisa berbahaya pada kelamin anda. Tetapi keuntungannya kondom dapat dibeli secara bebas di apotek selain itu juga mudah digunakan dan memperkecil tertularnya penyakit kelamin.

KB atau Hormonal
Kontrasepsi yang satu ini banyak metode yang di berikan, yaitu pil yang di minum, suntikan serta susuk atau implant. Untuk pemakaian kontrasepsi ini di anjurkan jika anda sudah mempunyai anak dan tidak memiliki penyakit jantung atau darah tinggi. keuntungan dari pil adalah menstruasi menjadi teratur, mengurangi kram atau sakit menstruasi yang biasa dirasakan wanita pada saat datang bulan.

efek sampingnya pil bisa menyebabkan berat badan anda naik atau turun, payudara terasa kencang, mual, muntah, depresi. Untuk itu sebelum memakai kontrasepsi ini anda bisa konsultasikan dengan dokter.

Suntik
alat kontrasepsi suntik atau implant mempunyai cara kerja yang sama dengan pil. Tetapi bedanya suntikan tidak diberikan setiap hari seperti pil, tetapi diberikan tiga bulan sekali.

keuntungannya mengurangi resiko telat atau lupa minum pil dan mempunyai keamanan selama tiga bulan. efek sampingnya menstruasi menjadi tidak teratur, peningkatan berat badan dan memulihkan kesuburan agak lambat.

Untuk itu dari semua alat kontrasepsi yang ingin anda pilih, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anda.

2 thoughts on “Efek Samping Dari Alat Kontrasepsi

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s