Cara Mengembalikan Kepercayaan Diri

Putus cinta dengan kekasih terkadang bisa membuat seseorang kehilangan percayaan dirinya. Setelah mengalami kejadian yang mengecewakan, beberapa orang akan kehilangan kepercayaan diri, bahkan ada juga yang memutuskan untuk tidak menjalin hubungan asmara lagi. Lalu bagaimana cara untuk mengatasinya? Putus cinta akan meninggalkan rasa sakit di hati dan bahkan trauma. Jika Anda tidak mengatasi hal itu, maka Anda tidak akan berani menjalin hubungan asmara yang baru karena sudah pernah dikecewakan. Anda ingin lepas dari semua itu? Berikut ada beberapa tips untuk mengembalikan percaya diri Anda setelah mengalami putus cinta:

Empati
Sadari bahwa semua orang bisa menyakiti Anda, termasuk orang terdekat. Pikirkan bahwa Anda juga pernah menyakiti seseorang, dan Anda akhirnya menyesal bukan? Begitulah orang lain, mereka tidak bermaksud benar-benar menyakiti Anda dan akhirnya menyesal pula.

Bersiap Yang Terburuk
Anda harus mempersiapkan diri untuk bagian terburuk sama besarnya dengan bagian terbaik. Jangan mengira jika Anda sudah kenal baik maka orang itu tidak akan menyakiti Anda. Manusia selalu membuat kesalahan.

Percaya Diri
Sadari bahwa yang paling bisa menolong adalah diri Anda sendiri. Jika orang terdekat menyakiti, siapa yang paling bisa diandalkan jika bukan diri sendiri. Belajarlah untuk percaya pada kekuatan diri.

Dengan mengiklaskan diri atau menerima kenyataan bahwa kita pernah berbuat salah atau orang lain yang pernah berbuat salah terhadap kita dan kemudian ambillah atau petiklah pengalaman dari permasalah tersebut. Maafkanlah semua kesalahan yang pernah terjadi baik dari dalam diri anda ataupun orang lain yang membuat kepercayaan diri anda menjadi berkurang atau menghilang, kemudian bangkitlah semangat anda kembali agar anda lebih sadar, waspada, dan hati hati dalam bertindak.

Lalu anda juga berusaha untuk mengurangi kecurigaan yang berlebihan terhadap orang lain dan konsentrasikanlah kepada pikiran positif anda agar perasaan-perasaan yang kurang berguna tidak dapat menggangu pemikiran anda.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s