Mau Tahu Asal Usul Mobil Ambulans

Jika seseorang dalam keadaan sakit yang cukup parah, maka ia harus segera dilarikan ke rumah sakit. Sayang, jika penanganannya terlambat, sang pasien bisa meninggal. Karena itulah, mobil angkutan pasien atau lebih dikenal dengan ambulans, kini jadi sarana vitak untuk memberikan pertolongan pertama saat pasien sedang dibawa ke rumah sakit. Dengan fasilitas yang cukup lengkap-bahkan kini ada yang sangat lengkap hingga bisa sekaligus mengoperasi pasien-ambulans mampu menyelamatkan banyak nyawa.

Tentu, kehadiran ambulans menjadi satu solusi yang sangat membantu. Nah, siapa yang mencetuskan ambulans selama ini? Ternyata, “mobil penyelamat” itu muncul sebagai buah kepedulian Dominique-Jean Larrey terhadap para tentara yang terluka.

Di akhir tahun 1700-an Larrey, yang kala itu menjabat sebagai kepala ahli bedah angkatan bersenjata Napoleon dari Perancis, melihat banyaknya prajurit yang terluka setiap hari yang mesti dibawa ke rumah sakit. Ironisnya kebanyakan dari mereka meninggal dunia sebelum tiba di rumah sakit. Dengan kondisi ini Larrey merasa sangat prihatin. Tentu saja, Larry tidak berdiam diri dalam keprihatinannya, sang dokter ini memutar otak untuk mengatasi persoalan tersebut. Ia pun lantas mendisain sebuah kereta kuda yang memiliki ruangan untuk sang pasien dan dilengkapi dengan tenaga medis di dalamnya. Inilah yang dianggap sebagai cikal bakal ambulans yang pertama di dunia.

Pada masa perang dunia, tepatnya pada tahun 1862, ambulans menjadi sarana transportasi angkatan bersenjata Amerika Serikat untuk membawa prajurit perang yang terluka ke rumah sakit. Tiga tahun kemudian, sebuah rumah sakit komersial Cincinnati mengoperasikan ambulans sebagai alat transportasi untuk membawa para pasiennya ke rumah sakit. Kemudian pada tahun 1899, untuk pertama kalinya ambulans bertenaga mesin dioperasikan, tepatnya di Chicago.

Dengan berkembangnya teknologi, kini ambulans menjadi sarana penyelamat pasien dalam perjalanan. Dan, untuk lebih mempercepat laju kendaraan, ambulans menggunakan sirine sebagai tanda bagi pengemudi lain untuk memberikan jalan.

Ambulans lahir dari keprihatinan seorang dokter terhadap pasiennya. Keprihatinan membuahkan sebuah penemuan yang luar biasa yang dapat membantu sesama. Kini ambulans menjadi alat transportasi utama bagi sang pasien untuk mendapatkan pertolongan selama perjalanannya ke rumah sakit.

One thought on “Mau Tahu Asal Usul Mobil Ambulans

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s