Wow, Pasangan di China Doyan Bercerai

Hampir dua juta pasangan suami istri bercerai di Cina pada 2010 lalu. Jumlah tersebut jauh lebih banyak dibanding mereka yang menikah di negara yang berpenduduk paling padat itu.

Legal Evening News yang  mengutip keterangan Menteri Urusan Sipil Chinayang mengatakan sebanyak 1,96 juta pasangan mendaftarkan perceraian tahun lalu dan hanya 1,2 juta pasangan yang menikah.

Menurut hasil penelitian yang diterbitkan Minggu, 6 Februari, tingkat perceraian di Cina secara perlahan meningkat dari rata-rata 7,65% per tahun sejak 2003 ketika undang-undang yang mengatur pernikahan di amandemen, memudahkan prosedur pernikahan dan perceraian.

Dikutip dari AFP, Selasa(08/02/2011), hasil penelitian itu juga mengungkapkan bahwa sebelumnya, hampir di seluruh wilayah di Cina, pasangan yang ingin bercerai harus mendapat persetujuan tertulis dari tempat kerja dan petugas di tempat tinggal mereka sebelum perceraian di penuhi.

Beberapa anggota pemerintahan di Cina, yang terkejut akan tingginya tingkat perceraian negeri itu, meminta menarik kembali undang-undang pernikahan tersebut, tapi sejauh ini amandemen tersebut masih belum terjamah.

Hasil penelitian tersebut juga menambahkan bahwa pria dan wanita Cina memiliki lebih banyak uang dan lebih mandiri sehingga berperngaruh pada bertambahnya tingkat perceraian disana.

Wilayah barat daya provinsi Sichuan memiliki tingkat perceraian lebih tinggi tahun lalu, dimana hasil penelitian menghubungkan tingginya tingkat masyarakat yang bekerja jauh dari rumah menyebabkan banyak pasangan yang terpisah jauh untuk waktu yang lama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s