Peluang Bisnis di Pasar Tradisional

Bisa jadi pedagang musiman mainan di Jalan Ciledug Raya membeli barang dagangannya dari sentra mainan anak di Pasar Gembrong ini. Resminya, pasar ini bernama Pasar Gembrong Cipinang Besar Selatan (CBS), tetapi lebih populer disebut Pasar Prumpung di Jakarta Timur.

Pasar yang sudah berusia 30 tahun ini menjadi tempat belanja para pedagang mainan atau konsumen yang ingin membeli mainan anak dengan harga miring. Mainan yang dijual kebanyakan berasal dari China. Jenisnya beragam, mulai mobil-mobilan, robot, helikopter, bola mainan, kartu sampai dengan boneka barbie. Dari yang palsu sampai yang asli.

Deretan kios yang berada persis di pinggir jalan kebanyakan menjual barang eceran (satuan). Harganya bervariasi mulai Rp 20.000 hingga ratusan ribu. Kios yang terletak di bagian dalam pasar ini menjadi sentra mainan yang bisa dibeli dalam jumlah lebih besar atau grosiran. Mainan grosiran ini dijual per lusin (12 buah) dengan harga termurah Rp 33.500 untuk 12 buah robot plastik. Harga termahalnya adalah mainan senapan kokang Rp 260.000 per lusin.

Ekspansi pasar yang dilakukan pemerintah Cina dengan menjadikan Indonesia sebagai salah satu tujuan pasarnya, membuat Indonesia khususnya Jakarta dibanjiri produk-produk asal negara “Tirai Bambu” tersebut. Pasar Gembrong adalah bukti sahih kedigdayaan produk Cina itu dalam merajai pasar mainan anak. Buktinya, 75 persen mainan yang dijual di pasar itu merupakan produk buatan Cina.

Informasi yang dihimpun beritajakarta.com menyebutkan, sejumlah pedagang mengaku menjual barang asal Cina karena jenis permainannya yang lebih variatif dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Tidak hanya itu, dari segi harga mainan asal Cina juga relatif lebih murah dibandingkan mainan lokal.

“Harganya yang murah jadi alasan mengapa orang-orang lebih memilih mainan Cina dibanding mainan lokal. Selain itu mainan lokal juga jarang ditemui di sini,” kata Supartini, salah seorang penjual mainan di Pasar Gembrong, Jakarta Timur.

Hal senada diungkapkan Anis (32), penjaga toko mainan di Pasar Gembrong yang mengaku jika produk mainan Cina lebih diminati dibanding mainan lokal. Karena itu, tidak mengherankan jika toko majikannya dipenuhi produk mainan asal negara berpenduduk terbesar di dunia tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s