6 Cara Redakan Stres Saat Bekerja

Stres saat bekerja mungkin sudah menjadi hal yang biasa dan sering dialami oleh semua pekerja kantoran. Stres tidak hanya mengganggu suasana emosional seseorang, tetapi juga dapat berimbas terhadap buruknya hasil pekerjaan.

Namun, jangan khawatir. Anda dapat mencoba beberapa tips di bawah ini untuk mengalahkan stres dan membuat suasana kerja menjadi lebih menyenangkan:

1. Tetap tenang

Ketika stres mulai datang menghampiri Anda, ambilah waktu sejenak untuk istirahat. Cobalah alihkan perhatian Anda, misalnya, bicara dengan teman, mendengarkan musik, atau power nap (tidur siang yang singkat). Menjauhkan pikiran dari stres akan membantu Anda mendapatkan perspektif baru dan ide-ide baru.

2. Hindari minum kopi 

Ambilah waktu sejenak untuk beristirahat, tetapi tidak untuk menenggak kopi. Minum kopi justru akan membuat Anda tegang. Kafein akan memompa adrenalin dan mengurangi tingkat adenosin. Adenosin adalah salah satu senyawa yang terdapat di dalam sel otak, berfungsi sebagai bahan penenang alami di otak Anda.

3. Rasional 

Setiap amarah dan stres yang muncul pasti memiliki sumber. Oleh karena itu, cara terbaik untuk mencegah serbuan stres, Anda harus dapat mengetahui sumber dari amarah dan stres itu. Hal ini cukup dapat membantu Anda untuk mengenali gejala stres sejak awal.

4. Meditasi 

Meditasi adalah praktik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, ataupun mencemaskan dalam hidup kita sehari-hari. Dari sudut pandang fisiologis, meditasi adalah anti-stres yang paling baik. Dari penelitian terungkap bahwa meditasi dan cara relaksasi lainnya bermanfaat untuk mengatasi gangguan fungsi ginjal dengan meningkatkan produksi melatonin dan serotonin serta menurunkan hormon stres (kortisol).

5. Pisahkan antara masalah pekerjaan dan pribadi

Permasalahan atau konflik dengan teman di kantor dapat memengaruhi hubungan pribadi Anda, begitu pula sebaliknya. Coba untuk menyelesaikan masalah Anda di kantor, begitu pula jika Anda memiliki masalah dengan urusan pribadi.

6. Menjalin hubungan baik dengan teman kerja

Lingkungan kerja yang nyaman dapat memengaruhi mood seseorang saat bekerja. Jika Anda mempunyai masalah dengan teman kerja, berbicaralah dengan sopan dan selesaikan permasalahan Anda secara baik-baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s