Bersikap Optimistis Bikin Jantung Sehat

Orang-orang sukses adalah orang yang memiliki optimisme dalam hidup. Ungkapan ini mungkin sering kita dengar. Namun tahukah Anda bahwa bersikap optimistis ternyata juga memiliki manfaaat bagi kesehatan, khususnya kesehatan jantung.

Dalam riset teranyar, para ilmuwan dari Harvard School of Public Health meninjau lebih dari 200 studi. Mereka menemukan bahwa perasaan positif dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke. Sejumlah penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa kondisi mental negatif – seperti depresi, kecemasan, marah, dan permusuhan – dapat membahayakan jantung.

“Jika seseorang tidak memiliki pikiran negatif bukan berarti bahwa ia berpikir positif,” kata pemimpin studi, Julia Boehm, seorang peneliti di departemen masyarakat, pembangunan manusia dan kesehatan.

“Kami menemukan bahwa faktor-faktor seperti optimisme, kepuasan hidup dan kebahagiaan berhubungan dengan penurunan risiko penyakit jantung, terlepas dari faktor-faktor seperti usia seseorang, status sosial ekonomi, merokok atau berat badan,” jelasnya.

“Sebagai contoh, individu-individu yang paling optimis memiliki risiko sekitar 50 persen mengalami penurunan risiko kardiovaskular dibandingkan dengan rekan-rekan mereka yang kurang optimis,” kata Boehm.

Bahkan, peneliti juga menemukan bahwa orang dengan kondisi psikologis yang sehat akan cenderung memiliki perilaku sehat seperti rutin berolahraga, makan makanan yang seimbang dan tidur cukup. Selain itu, individu dengan tingkat psikologis yang baik telah dikaitkan dengan penurunan risiko hipertensi, status kolesterol yang baik dan berat badan normal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s